Tips Merawat Mobil Matic
Terbit : 21 September 2020 | Kat : Berita |

Tips Merawat Mobil Matic

InvictaToyota.com – Tidak terlalu sulit untuk melakukan perawatan mobil matic, simak beberapa tips berikut agar performanya selalu terjaga.

Peminat pada mobil matic seiring waktu mulai bertambah karena memang dirasa lebih mudah dikendarai daripada manual. Meski memang harga rata-rata cenderung lebih mahal. Sistem persnelling nya tidak perlu menggunakan tuas untuk memindahkan dari gigi 1 ke gigi lainnya, karena pengaturan transmisi tingkat kecepatan sudah otomatis ketika anda melaju dengan menginjak pedal gas. Oleh sebab itu, pada mobil-mobil matic tidak ada pedal kopling. Hanya saja pada mobil-mobil matic tuas persnelling diperuntukkan untuk mengatur P (parkir), R(Reverse), N (netral), dan D ( kelajuan).

Mengetahui cara merawat mobil matic setidaknya dapat membantu Anda dalam memahami hal yang perlu dilakukan agar mobil matic Anda tetap awet, tips merawat mobil matic yang dapat Anda lakukan dalam pemakaian sehari-hari adalah dalam menggunakan dan mengendarai mobil matic Anda, karena cara pemakaian Anda sehari-hari akan sangat menentukan kondisi mesin pada mobil matic Anda.

Berikut beberapa tips cara merawat dan pemakaian mobil matic :

Panaskan Mesin Sebelum Berkendara
Memang terdengar sepele, namun efeknya sangat baik untuk “kesehatan” mobil anda. Memanaskan mobil bertujuan untuk menyesuaikan suhu udara pada mesin dan meratakan sirkulasi oli ke seluruh komponen mesin. Cara memanaskan mobil matic yang benar adalah dengan menyalakan mobil tanpa menghidupkan AC selama 2 hingga 3 menit. Pastikan transmisi mobil dalam posisi netral dan tidak perlu menginjak gas terlalu dalam. Setelah 2 atau 3 menit berlalu, Anda dapat mulai menyalakan AC.
Resiko apabila mobil matic anda jarang di panaskan adalah kerusakan mesin, kerusakan system transmisi, hingga mobil tidak bisa di starter.

Test Drive
Jangan biarkan mobil anda terlalu lama berdiam di rumah. Anda harus menyempatkan waktu untuk melakukan test drive, atau minimal berkendara keliling dengan jarak dekat. hal ini bertujuan mencegah oli beku, selain itu dengan test drive akan membuat semua sistem didalam mobil anda bekerja dan berfungsi penuh.

Servis Rutin
Ini merupakan suatu hal wajib bagi kendaraan, dengan melakukan servis secara rutin kita jadi tahu kondisi terkiri dari kendaraan. Selain itu, jika ada permasalahan yang terjadi pada mobil juga lebih cepat diketahui dan dapat segera ditangani. Servis ini bisa dilakukan sesuai jadwal yang ada pada buku panduan servis.
Saat servis, mintalah pada montir untuk di cek keseluruhan bagian mobil, dari mulai persneling, rem, pedal gas, kelistrikan, dan sebagainya. Dan jangan lupa untuk melakukan pergantian oli mesin dan oli transmisi sesuai dengan aturan yang ada pada buku servis.
Pastikan servis dilakukan di bengkel-bengkel resmi, karena pada bengkel-bengkel yang berkualitas akan disediakan teknisi mobil matic yang berpengalaman.

Tepat Menggunakan Persneling
Salah satu tips penggunaan persneling yang benar agar kinerja mobil Anda awet antara lain :

  • pindahkan persneling dalam posisi N atau Netral dan angkat rem tangan, ketika mobil berhenti karena macet atau berada di lampu merah dengan kondisi mesin masih menyala.
  • pindahkan persneling dalam posisi P atau Parking ketika parkir.
  • posisikan persneling dalam posisi D untuk melaju di jalanan yang datar
  • posisikan persneling dalam posisi D3 untuk berkendara mendaki jalanan yang agak curam kira-kira dengan kemiringan sekitar 30 derajat
  • posisikan persneling dalam posisi D1 atau L untuk berkendara mendaki jalanan dengan kemiringan diatas 30 derajat

Perhatikan Kinerja Kendaraan
Cobalah untuk lebih peka dengan kendaraan Anda. Apakah ada yang aneh dengan suara mesinnya atau ada bunyi yang tidak wajar ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi, Apapun itu segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut. Perawatan mobil matic yang satu ini sebaiknya tidak ditunda-tunda, karena dapat membuat kerusakan mesin kendaraan Anda semakin parah.

Cek Kinerja Transmisi
Kondisi mesin matic dicek dengan memasukkan gigi pada posisi transmisi D atau R kemudian lepas rem. Jika dalam kondisi normal, maka mobil akan langsung bergerak.

Ternyata, cara merawat mobil matic tidak sesulit yang dibayangkan. Merawat mobil matic dengan baik, selain akan meberikan kenyamanan dalam berkendara, juga akan memberikan keamanan, serta membuat lebih hemat dalam biaya perawatan mobil matic.

Related Post
Toyota Raize
Terbit : 4 May 2021

Toyota Raize

InvictaToyota.com – Tidak terlalu sulit untuk melakukan perawatan mobil matic, simak beberapa tips berikut agar performanya selalu terjaga. Peminat pada mobil matic seiring waktu mulai bertambah karena memang dirasa lebih...
Memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW
Terbit : 11 March 2021

Memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

InvictaToyota.com – Tidak terlalu sulit untuk melakukan perawatan mobil matic, simak beberapa tips berikut agar performanya selalu terjaga. Peminat pada mobil matic seiring waktu mulai bertambah karena memang dirasa lebih...
Nantikan Live IG Bersama Team Sales Dan After Sales
Terbit : 5 February 2021

Nantikan Live IG Bersama Team Sales Dan After Sales

InvictaToyota.com – Tidak terlalu sulit untuk melakukan perawatan mobil matic, simak beberapa tips berikut agar performanya selalu terjaga. Peminat pada mobil matic seiring waktu mulai bertambah karena memang dirasa lebih...